Search

Gendut Soekamti

Sabtu, 26 November 2011

4 Sifat Orang Rendah

“Ia yang memuji dirinya sendiri dan menghina orang lain. Menganggap dirinya yang terbaik dan bersikap sombong. Orang seperti ini adalah orang yang rendah.
Ada empat sifat orang rendah. Keempat sifat itu adalah:
1. Suka memuji diri sendiri dan membicarakan kesalahan orang lain
Orang yang rendah budi, tanpa ditanyapun akan dengan senang hati menceritakan kelebihannya sambil memuji dirinya. Berharap orang lain pun memuji dirinya.
Apalagi bila ditanya, maka ia akan dengan suka cita menceritakan kelebihannya. Tentu tidak lupa memuji dirinya tanpa ada yang ditutupi.
Begitu juga terhadap kesalahan orang lain. Orang yang rendah budi tidak ragu-ragu membicarakan. Tanpa perlu ada yang ditutupi. Bila ditanya, maka ia akan dengan senang membicarakan kesalahan-kesalahan orang lain.
2. Suka menghina atau melihat kesalahan orang lain
Bagi orang yang rendah budi akan merasa alergi memuji orang lain. Walaupun itu layak dipuji. Sebaliknya ia akan lebih fokus melihat kesalahan-kesalahan orang lain. Kemudian menjadi bahan hinaan.
Mengamati dan menghakimi kesalahan orang lain adalah keahlian alami orang yang memiliki budi yang rendah.
3. Menganggap dirinya yang terbaik dan menyembunyikan kesalahannya
Bahwa dirinya adalah yang terbaik dan seakan tidak memiliki kesalahan. Itulah sifat orang yang rendah budi. Kesalahan bukan miliknya. Karena itu bila ada kesalahan akan disembunyikan. Kesalahan hanya milik orang lain. Dirinya tidak pantas memiliki kesalahan. Walaupun ia melakukannya.
4. Bersikap sombong
Orang rendah budi, seringkali akan lupa diri dan tak tahu diri. Hidup dalam kesombongan dengan segala kelebihan yang ia miliki. Tinggi hati dan memandang rendah orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

yoona

yoona